UNISBA COOP NEWSLETTER

 

Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Bandung (Kopma Unisba) merupakan Koperasi yang berada di wilayah kampus dan beranggotakan mahasiswa aktif Unisba.

Dalam setiap bulannya, Kopma Unisba selalu mengadakan kegiatan untuk Anggotanya. Rangkaian kegiatan kopma dalam setiap 3bulan akan di share dalam bentuk buletin. Adapun kegiatan selama 3 bulan (Juli-Oktober) yaitu:

  1. Study Comparative. Kopma Unisba mengunjungi  Kokesma ITB yang dihadiri oleh Pengurus, Pengawas, dan Anggota Kopma Unisba.
  2. Pendidikan Menengah (Dikmen). Dikmen merupakan pendidikan lanjutan dari Pendidikan Dasar (Diksar). Syarat untuk mengikuti Dikmen yaitu telah mengikuti kegiatan Diksar. Dikmen pada bulan Oktober kemarin Kopma Unisba bekerjasama dengan Bank Indonesia. Untuk Tema Dikmen, “Membentuk Generasi Yang Berkualitas dan Berjiawa Koperasi di EraMilenial” di bahas dengan konsep seminar. Adapun materi yang di sampaikan yaitu Manajemen Koperasi, Koperasi dan Globalisasi Ekonomi, Kebank sentralan dan ciri-ciri keaslian uang rupiah, dan Kepengurusan dan Kepengawasan.
  3. Kajian Bulanan, merupakan acara rutin bulanan yang diadakan setiap akhir bulan. Tema untuk kajian bulanan bulan September yaitu Memperdalam Ilmu Kewirakoperasian dan Kewirausahaan.
  4. Audiensi. Kopma Unisba mengunjungi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Bandung (BEM-U) pada tanggal24 Juli 2018. Tujuan diadakannya kunjungan ini yaitu ingin memperkenalkan kepengurusan Kopma Unisba, Program Kerja, Bidang Usaha. dan juga silaturahmi kepada BEM Unisba.
  5. Pengajian Keislaman yang diadakan oleh Staf PSDA dan Staf Personalia pada bulan Oktober kemarin mengangkat Tema “Dicari Pemuda BAPER (Bawa Perubahan) yang bertempat di Mesjid Al-Asyari Unisba dengan menghadirkan pemateri dari Ketua Umum BOMPAI Unisba, Kang Ilham Adi Prassetia.
  6. Penerimaan Anggota Baru dan Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU). Penerimaan Anggota Baru dibuka sampai pertengahan bulan November. Untuk pendaftaran anggota baru,cukup membayar Rp.50.000. Rinciannya yaituSimpan Wajib Rp. 25.000, Simpanan Pokok Rp.10.000 dan Kartu Anggota+Souvenir Rp.15.000. dan untuk Anggota baru diwajibkan  untuk mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) dengan membayar pendaftaran sebesar Rp.230.000 yang bertempat di Unisba Ciburial. Pembagian SHU untuk Anggota Lama masih dibuka sampai bulan Desember 2018

 

Kopma Unisba adalah Jenis Koperasi Konsumsi. Olehkarena itu, Kopma Unisba memiliki berbagai macam usaha yaitu diantaranya Mini Cafe yang menjual berbagai macam makanan, minuman, ice cream, membuka jasa catering untuk acara-acara, dll. Kedua, ada usaha Mini Market yang menjual berbagai macam Alat Tulis Kantor seperti Buku, Pulpen, Pensil, Folio, Penghapus, Amplop, Binder, dll. Tersedia juga AlatRumah Tanggaseperti Sapu, Tempat sampah, Sabun, dl, dan juga membuka jasa pemesanan Seminar Kit. Ketiga ada usaha Fotocopy yang menyediakan jasa Printing, Laminating, Jilid, dll. Keempat, ada Usaha Perdagangan Umum yang membuka banyak sekali jasa. diantaranya jasa percetakan Banner, Pembuatan Kaos, kemeja lapangan, baju formal, Kartu Nama, Id Card, Brosur, dan lainlain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s