STUDI KELAYAKAN BISNIS

Menurut Yacob Ibrahim (2009), studi kelayakan bisnis adalah kegiatan untuk menilai sejauh mana manfaat yang dapat diperoleh dalam melaksanakan suatu kegiatan usaha/proyek.
Menurut Kasmir dan Jakfar (2012), Studi kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan yang mempelajari secara mendalam tentang suatu usaha atau bisnis yang akan dijalankan, dalam rangka menentukan layak atau tidak usaha tersebut dijalankan.
Menurut Subagyo (2008), Studi kelayakan bisnis adalah studi kelayakan yang dilakukan untuk menilai kelayakan dalam pengembangan sebuah usaha.
Menurut Umar (2005), Studi kelayakan bisnis adalah penelitian terhadap rencana bisnis yang tidak hanya menganalisis layak atau tidaknya suatu bisnis dibangun, tetapi juga saat dioperasionalkan secara rutin dalam rangka pencapaian keuntungan yang maksimal untuk waktu yang tidak ditentukan.

TUJUAN SKB:

  1. Menghindari Risiko Kerugian
  2. Memudahkan Perencanaan
  3. Memudahkan Pelaksanaan Pekerjaan
  4. Memudahkan Pengawasan
  5. Memudahkan Pengendalian

MANFAAT SKB :

  1. Pihak Investor
  2. Pihak Kreditor
  3. Pihak Manajemen Perusahaan
  4. Pihak Pemerintahan dan Masyarakat.
  5. Bagi Tujuan Pembangunan Ekonomi.

PROSES DAN TAHAP SKB: 

  1. Pengumpulan Data dan Informasi
  2. Melakukan Pengolahan Data
  3. Analisis Data
  4. Mengambil Keputusan
  5. Memberikan Rekomendasi

ANALISIS KELAYAKAN USAHA :

  1. Aspek pemasaran.
  2. Aspek produksi dan operasi.
  3. Aspek manajemen
  4. Aspek keuangan.

SWOT ANALISYS :

  1. Strength (Kekuatan)
  2. Weakness (Kelemahan)
  3. Opportunity (Peluang)
  4. Threatment (Ancaman)

SUMBER DATA DAN INFORMASI :

  1. Publikasi Ekonomi dan Bisnis (Koran dan Majalah)
  2. Publikasi Bank Indonesia maupun Lembaga Keuangan lainnya.
  3. Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Badan Pengelola Pasar Modal
  4. Biro Pusat Statistik (BPS)
  5. Asosiasi Industri dan Dagang
  6. Lembaga-lembaga Penelitian (LIPI, dll)
  7. Departemen Terkait (Departemen Pertanian, UKM, dll)
  8. Perguruan Tinggi
  9. Survey Langsung
  10. Kuesioner, dll

13 EVALUASI BISNIS :

1.Evaluasi Ringkasan Pelaksanaan :  

a.Buat ringkasan yang menggambarkan rancangan singkat secara keseluruhan, baik tentang usulan usaha, maupun barang dan jasa yang akan dihasilkan atau disajikan

b.Identifikasi kecenderungan industri yang sedang digemari saat ini

c.Susun poyeksi laba dan penjualan tahun yang akan datang untuk bisnis baru

d.Gambarkan tingkat pendidikan dan pengalaman kerja serta kecakapan yang diperlukan

e.Kumpulkan aspek legal, seperti perizinan, persetujuan kontrak, hak paten, dan sebagainya.

2. Evaluasi Misi Bisnis

a.Apa tujuan bisnis Anda ?

b.Produk dan jasa apa yang akan disediakan ?

c.Filosofi manajemen bisnis apa yang Anda miliki ?

3. Evaluasi Lingkungan Bisnis

a.Identifikasi kecenderungan umum seperti budaya, penduduk, perubahan politik, teknologi, ekonomi, tingkat bunga, dan lainnya.

b.Identifikasi jumlah dan jenis perusahaan yang sudah ada, baik tingkat lokal maupun nasional.

c.Identifikasi kondisi bisnis yang ada, seperti harga, tenaga kerja, upah, dan faktor ekonomi lainnya.

d.Identifikasi informasi industri, tentang :

  • Industri yang paling dominasi saat ini, baik kecil, menengah atau besar.
  • Kegagalan yang dialami industri tersebut.
  • Apakah ada industri yang tumbuh mantap ?
  • Industri apa yang cenderung paling potensial ?

e.Identifikasi informasi lokasi.

f.Bagaimana sikap masyarakat terhadap bisnis Anda? Positif, negatif, atau netral ?

g.Apakah ekonomi lokal kuat atau lemah ?

4. Evaluasi Produk dan Jasa

a.Gambaran produk yang dihasilkan, (bentuk, bahan, berat, ukuran, dll)

b.Jasa-jasa apa saja yang akan Anda sediakan, apakah :

  • Untuk menarik perhatian publik atau individu
  • Memberikan jaminan waktu yang melayani permintaan dengan cepat
  • Pengadaan pesanan pelanggan
  • Jaminan pengembalian uang

c.Identifikasi nama pesaing bisnis Anda :

  • Seberapa jauh jarak pesaing dari lokasi bisnis Anda
  • Bagaimana area bisnis Anda dibanding pesaing

d.Identifikasi kekuatan dan kelemahan bisnis Anda dan bandingkan dengan pesaing.

5. Evaluasi Harga

a.Apa tujuan yang ingin dicapai dari penetapan harga ?

  • Apakah untuk mencapai target tingkat laba tertentu ?
  • Apakah untuk memperoleh pangsa pasar ?
  • Apakah untuk mencapai target volume penjualan tertentu ?

b.Mark-up apa yang Anda targetkan ?

c.Kebijaksanaan apa yang akan anda gunakan ? Apakah harga umum ?

d.Apakah Anda akan menggunakan strategi harga ?

  • Harga perkenalan
  • Skimming price
  • Price-lining
  • Odd-ending
  • Loss-leader
  • All-one-price
  • Bundling

6. Evaluasi Keunggulan Persaingan

a.Keunggulan persaingan apa yang dimiliki bisnis Anda, apakah kualitas, harga, lokasi, pelayanan, atau kecepatan waktu, dll.

b.Gambarkan bagaimana Anda meraih keunggulan persaingan tersebut.

c.Gunakan cara-cara untuk memenangkan persaingan :

  • Segera penuhi kebutuhan pelanggan
  • Gunakan pelayanan yang lebih baik
  • Kualitas yang lebih tinggi dengan harga yang sama
  • Jaminan keamanan produk
  • Pelayanan kepada pelanggan secara pribadi
  • Informasi yang lebih lengkap
  • Lokasi dan kemasan barang yang lebih menarik
  • dll

7. Evaluasi Pasar dan Pemasaran

a.Identifikasi segmen pasar bisnis Anda berdasarkan area geografi, kependudukan, manfaat bagi pelanggan, gaya hidup, tingkat pendapatan, dll

b.Identifikasi manajemen pemasaran bisnis Anda seperti budaya kerja, sistem pengupahan, etika kerja, dll.

c.Identifikasi kedekatan dengan bahan baku, pelanggan, transportasi, fasilitas dan akses lain, peraturan daerah, dll

d.Identifikasi tipe-tipe promosi yang akan digunakan, apakah pemasaran langsung, periklanan, promosi penjualan, dll termasuk media yang dipilih dan biaya promosi.

e.Identifikasi tujuan promosi Anda, apakah untuk meningkatkan penjualan, informasi barang dan jasa, pembelian musiman, dll.

8. Evaluasi Manajemen dan Personal

a.Identifikasi pendidikan, pengalaman, dan keterampilan karyawan.

b.Identifikasi posisi dan jabatan, paruh waktu, penuh waktu, honorer, dll.

c.Identifikasi jaminan-jaminan yang akan diberikan kepada karyawan.

d.Identifikasi jumlah dan kualifikasi karyawan.

e.Struktur organisasi dan time frame.

9. Evaluasi Mesin dan Peralatan

a.Peralatan Kantor (jenis, kualitas, harga dan jumlah)

b.Mesin dan Peralatan (jenis, kualitas, harga dan jumlah)

10. Evaluasi Biaya Awal

a.Perlengkapan

b.Peralatan kantor

c.Mesin dan peralatan produksi

d.Pembayaran dimuka

e.Sewa bangunan dan renovasi

f.Modal kerja (gaji, sewa, iklan, transportasi, dll)

11. Evaluasi Pendanaan

a.Biaya awal yang dimiliki

b.Jumlah dana dari sumber lain

c.Jumlah dana yang akan dipinjam

dll

12. Evaluasi Titik Impas

a.Kategorikan semua biaya tetap dan biaya variabel

b.Tentukan batas kontribusi bisnis Anda

13. Evaluasi Risiko yang Tidak Terkontrol

Identifikasi risiko yang tidak terkontrol seperti keadaan ekonomi, cuaca, teknologi baru, perang harga oleh pesaing, selera konsumen, pesaing baru, dll.

Dari risiko tersebut, sebutkan apa saja yang akan Anda lakukan untuk meminimalkan kerugian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s