Sejarah

SEJARAH KOPMA UNISBA

Koperasi Mahasiswa Unisba pada mulanya benama Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa (KKM) dan berdiri pada tahun 1983 dengan akta pendirian 7794/BH/DK-10/1 pada tanggal 14 Juni 1983 dengan jumlah anggota sebanyak 100 orang. Kemudian pada tahun 1991 KKM berganti nama menjadi Koperasi Mahasiswa (KOPMA) dengan keanggotaan berjumlah 1727 orang.

Pada saat didirikan anggota Kopma terdiri dari Mahasiswa dan alumni yang secara sukarela menjadi anggota. Kemudian pada tahun 1991 terjadi perubahan sesuai dengan diperbaharuinya AD/ART, bahwa yang berhak menjadi anggota Koperasi Mahasiswa adalah Mahasiswa Unisba.

Pada awal berdirinya bidang usaha yang dibangun adalah toko buku dan kantin sejalan dengan waktu yang terus berjalan aktifitas usaha mulai berkembang menjadi sebuah mini market dan mini café, usaha yang dijalankan berikutnya adalah export barang keramik dan sepatu ke Singapura pada tahun 1986 sekaligus meraih predikat Koperasi Teladan Tingkat Kotamadya Bandung, Pendirian wartel pada tahun 1990, Pendirian foto copy dan percetakan dilakukan pada tahun 1995 bersama dengan mendirikan industri kecil perajutan sweater bekerjasama dengan pengusaha kecil dan pada tahun 1997 mendirikan rental internet.

Sejak 1999 Kopma Unisba mulai memberlakukan penerimaan anggota secara sukarela, setelah sebelumnya menggunakan sistem penerimaan anggota secara wajib bagi setiap mahasiswa baru Unisba. Hingga saat ini sistem penerimaan anggota secara sukarela masih dijalankan. Setelah penerimaan anggota baru dilanjutkan dengan Pendidikan dan program magang dan asistensi di Kopma Unisba, semua itu dilakukan sebagai proses kaderisasi dan persiapan anggota memahami dan mempelajari cara mengelola dan mengembangkan sebuah wirausaha. Dalam proses kaderisasi dibentuklah suatu wadah di bawah struktur bidang pengembangan sumber daya manusia bernama Business Student Club (BSC) dan diganti menjadi CSG (Cooperative Student Group) sampai saat ini. Kegiatan non usaha selanjutnya adalah menjadi Pembina koperasi di beberapa kampus di Bandung, menjadi Pembina koperasi pedagang kaki lima, menjadi Pembina dan pengelola bantuan bergulir dari Pemda Dati II Kota Bandung ke pengusaha kecil, menjadi Anggota Koperasi Pemuda Indonedia (KOPINDO), menjadi anggota Asosiasi Bisnis Koperasi Mahasiswa Jawa Barat (ASBIKOM).

Pada tahun 1998 Kopma Unisba mendapatkan bantuan pembinaan dari BUMN Pertamina dan kerjasama dengan  BUMN lainnyaterus diupayakan diantaranya dengan PT. Telekomunikasi Tk, PT. Pos Indonesia, PT. Indosat dan Bank BNI. Kerjasama dengan Departemen Koperasi Kodya Bandung, dan Departemen Perindustrian dan Perdagangan Kodya Bandung, kerjasama dengan pihak swasta terus dilakukan diantaranya bank BTN, PT. Djarum, Bank Bukopin, PT. Sosro dan rekanan bisnis lainnya.

Dalam keberlangsungan kegiatan non usaha pada saat ini diarahkan melalui pelatihan-pelatihan usaha, manajemen usaha, pendidikan koperasi, pembinaan-pembinaan, pengembangan sumber daya manusia dan kegiatan yang secara langsung dapat dinikmati ole anggota maupun oleh masyarakat disekitar lingkungan Kopma Unisba

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s